Selasa, April 28, 2009

dan hujan pun turun.......

Gw baru aja balik dari sebuah perjalanan panjang, cukup panjang dan melelahkan, cukup ngeganggu keseimbangan pikiran dan mood gw. Dan sekarang gw duduk di belakang rumah gw, dipinggir kolam ikan tepatnya. Jadi dibelakang rumah gw tuh ada tanah seluas 250an m/segi, nah di tanah situ dibuatin kebon apotek idup, ditanemin pohon2 buah, dan sebuah kolam ikan beserta (calon) saung dipinggirnya. Kolam ikan inilah spot favorit gw kalo gw lagi suntuk ato cape. Entah kenapa setiap gw ngabisin waktu disini ngeliatin aer kolam yang butek dan ikan ikan kecil didalemnya (yang jarang keliatan karena aernya butek) perasaan gw jadi lebih tenang, pikiran gw juga jadi gak gitu kalut. Mungkin ini bawaan kali karena gw lahir diantara zodiak aquarius dan pisces kali ya, begitu liat aer dan ikan langsung tenang. Tapi ada juga yang gitu liat aer kolam ato sungai langsung mules (ini nyata, terjadi pada temen gw).

Jadi begitulah, gw duduk dipinggir kolam ini sambil ngelemparin remah roti buat ikan. Pikiran gw mulai ngelayang layang gak jelas, memicu gambaran semua masalah yang gw hadepin muncul satu persatu. Lalu gerimis mulai turun, setitik demi setitik, dalam jeda yang cukup panjang, dan aer kolamnya pun beriak. Hati gw makin gak jelas, ada sakit, ada sedih, ada sedikit senang juga. Apa ya yang bikin gw ngaco gini? Mungkin gw mulai ilang motivasi, mungkin juga gw mulai jenuh, ato gw mulai takut kehilangan? Mungkin. Yang pasti ada yang berubah di dalam diri gw sejak beberapa minggu terakhir, ada yang ilang dan ada yang muncul, tapi kok lebih banyak yang ilangnya ya?

Dan hujan pun mulai turun, belom deres tapi lumayan bikin basah, berarti gw harus menyingkir dari sini. Gw pindah ke teras, gw berdiri dipinggir teras biar gw bisa tetep liatin kolam sama ikannya. Oiya, di kolamnya ada 2 pancuran aer. Yang satu ditengah kolam berbentuk kura kura, gw namain si kuya, di sekelilingnya banyak ikan yang maen maen, terus ada teratai, kadang kadang juga ada kodok yang naek ke punggung ato kepalanya. Yang satu lagi dipinggir kolam dan terlindung oleh blok blok batu penghias, bentuknya (kayak) pancuran bambu, gw namain si bambu. Hujannya turun agak deres, bikin aer kolam jadi naek, si kuya mulai kerendem kakinya. Pikiran gw juga mulai menghanyut, menuju satu titik, sebenernya apa yang gw mau? Hati gw bilang kalo gw pengen motivasi gw kembali, gw pengen gak jenuh lagi, gw pengen semua yang ilang itu kembali, dan gw pengen semua yang muncul itu gak pernah ilang.

Sekarang hujannya makin deres, deres banget sampe tempat gw berdiri basah kena tempias. Gw gak mo pindah, tempias emang bikin muka dan baju gw sedikit basah, tapi juga ngedinginin perasaan gw yang lagi panas. Riak di kolam sekarang makin banyak, level aernya juga naek. Si kuya mulai kerendem 1/2 badannya. Kalo ikan ikan gw gak tau, soalnya daritadi mulai hujan mereka udah gak keliatan, mungkin mereka nyelem, mungkin mereka masuk ke sarangnya, mungkin mereka nemu kenyamanan disana. Mungkin kenyamanan ini yang lagi ilang dari gw. Mungkin gw kehilangan zona nyaman gw, tempat berlindung saat gw kehujanan dan kepanasan. Mungkin gw belom bisa nemu zona nyaman yang baru ato mungkin gw udah nemu tapi belom bisa beradaptasi dengan baek. Mungkin dan hanya mungkin, karena sesuatu yang berubah pasti gak mudah untuk dihadapi.

Lalu hujan pun turun jauh lebih deres, lebih gede, dan lebih menakutkan. Ada angin gede dan petir yang ikut nemenin hujan. Aer kolam jadi makin tinggi, si kuya sekarang tinggal keliatan ujung kepalanya aja, badannya udah tenggelam. Hanya si bambu yang tegak berdiri, gak kepengaruh apapun sejak tadi. Mau ujan segede apapun, Angin sekenceng apapun atau aer kolam sampe meluap pun si bambu akan tetap berdiri. Dari tempatnya, dia akan bisa melihat apapun yang terjadi tanpa terpengaruh, tapi juga gak terlibat. Dan hujan pun makin menjadi, angin dan petir serta tempias yang makin gede secara langsung ngusir gw dari situ. Gw inget omongan salah satu ustadz, katanya kalo lagi hujan gede berdoalah karena itu adalah waktu dimana doa langsung didengar oleh Allah. Maka gw pun berdoa
"Ya Allah, Engkaulah yang Maha menggenggam hati kami, tenangkanlah hatiku ini.
Ya Allah, Engkaulah yang Maha memiliki, bantulah aku untuk mengikhlaskan semua yang hilang dariku.
Ya Allah, Engkaulah yang Maha mengetahui dan memberi, tunjukkanlah dan berikanlah yang terbaik bagi kami. Amin"

Yah saatnya gw harus masuk, hujan semakin besar tapi doa telah terucapkan. Semoga apa yang gw harapkan dalam doa terkabul. Oiya satu pertanyaan laen muncul, manakah yang lebih baik, menjadi si kuya yang akan selalu terlibat dan terpengaruh oleh alamnya, atau si bambu yang gak pernah terlibat atopun terpengaruh sama kondisi sekitarnya?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar